peradabanimperium.blogspot.com, berbagi pengetahuan peradaban-peradaban dunia (sejarah dan arkeologi). Gunakan kategori untuk memudahkan pencarian..............................

12 Mei 2012

HOME

Berbagai peradaban tumbuh, berkembang, runtuh, lalu hancur. Kehancuran tersebut dapat terjadi karena bencana alam, wabah penyakit, kekeringan yang lama, dan serangan dari bangsa luar. Penyebab-penyebab itulah yang mewarnai segala unsur-unsur kehidupan suatu peradaban di dunia. Penyebab-penyebab itu juga yang membuat suatu peradaban dikenal sejarah.

Semua peradaban tentu mempunyai kebudayaan. Unsur-unsur kebudayaan tersebut merupakan suatu ciri-ciri peradaban yang membedakan antara Peradaban satu dengan peradaban lainya.Kebudayaan suatu peradaban diturunkan secara turun-temurun, sehingga terus berkembang dan melahirkan suatu kebudayaan baru. Kebudayaan baru ini terus berkembang dan melahirkan kebudayaan baru lagi, sesuai dengan perkembangan jaman. Kebudayaan baru ini sangat besar peluangnya untuk meninggalkan peradaban lama dan kebudayaan lama, apabila tidak dijaga. Ilmu sejarahlah yang menjaga agar kebudayaan-kebudayaan dari peradaban lama agar tidak musnah.

Banyak peradaban-peradaban besar di dunia ini yang sampai saat ini hilang. Namun berkat ilmu sejarah   peradaban-peradaban ini tidak hilang dari ingatan orang-orang. Namun berkembang menjadi mitologi-mitologi sebelum akhirnya ditemukan bukti-bukti keberadaanya dan menjadi sejarah.

 Itulah alasan peraddaban.blogspot.com untuk menulis artikel-artikel tentang peradaban di seluruh dunia hingga dugaan-dugaan peradaban di luar bumi.


Tidak ada komentar: