peradabanimperium.blogspot.com, berbagi pengetahuan peradaban-peradaban dunia (sejarah dan arkeologi). Gunakan kategori untuk memudahkan pencarian..............................

11 Mei 2012

TEORI EVOLUSI DAN MANUSIA PURBA

TEORI EVOLUSI
Teori evolusi adalah teori yang dikemukakan seorang naturalis Inggris, Charles Darwin, untuk mengetahui profil dan biografi Charle Darwin klik halaman wikipedia disini .Teori ini berakar pada filsafat materialisme yang berkembang pada abad ke 19. Teori evolusi menjelaskan bahwa semua makhluk hidup berasal dari 1 jenis makhluk hidup yang berupa hewan bersel satu, termasuk manusia. Menurut teori ini manusia adalah hasil evolusi yang paling maju.

MANUSIA PURBA
Indonesia adalah salah satu negara yang diketemukanya fosil manusia purba. Manusia purba di Indonesia hidup pada masa pleistosen. Seperti manusia purba yang diketemukan di daerah lain, manusia purba di Indonesia berusia sudah tua (umumnya lebih dari 18.000 tahun yang lalu).

Eugene Dubois adalah sarjana pertama yang menyelidiki keberadaan manusia purba di Indonesia. Eugene Dubois menemukan Pithecantropus erectus di trinil, ngawi.Pithecantropus erectus artinya Manusia kera berjalan tegak.fosil manusia purba yang ditemukan di trinil sampai saat ini masih tersimpan di Museum Trinil. Kalau sempat kunjungilah Museum Trinil sobat (letaknya di desa Kawu kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa timur). Saya baru sekali mengunjunginnya hehehe.

Selanjutnya Von Koenigswald menemukan fosil Homo Mojokertensis, Megantropus Paleojavanicus dan lain-lain. Fosil Megantropus Paleojavanicus masih tersimpan di Museum Sangiran. Megantropus Paleojavanicus diperkirakan hidup antara 2 juta sampai 1 juta tahun yang lalu

Tidak ada komentar: