peradabanimperium.blogspot.com, berbagi pengetahuan peradaban-peradaban dunia (sejarah dan arkeologi). Gunakan kategori untuk memudahkan pencarian..............................

19 Des 2012

MISTERI PERADABAN ATLANTIS


Atlantis adalah sebuah peradaban misterius yang pernah ada di permukaan bumi ribuan tahun silam. Konon peradaban ini merupakan peradaban yang mempunyai kebudayaan yang tinggi dan maju. Keberadaan peradaban ini sebenarnya belum dapat dibuktikan kebenaranya. Karena sampai sekarang belum ditemukan bukti-bukti yang kuat.

Sekilas kalau kita mendengar nama Atlantis, maka kita akan terpikir bahwa Atlantis merupakan peradaban yang maju dan kemudian tenggelam ke dasar lautan akibat bencana besar. Bencana tersebut berupa tsunami yang dahsyat disertai dengan letusan gunung berapi yang secara serentak meluluhlantakan Atlantis.

Kisah peradaban Atlantis pertama kali diungkapkan Plato dalam bukunya Timaeus dan Critias. Menurut Plato dalam bukunya Timaeus dan Critias, Atlantis merupakan negeri yang bermandikan matahari sepanjang tahun. Atlantis adalah negeri yang berlimpah sumber daya alam, seperti timah, tembaga, seng, perak, emas, berbagai macam buah-buahan, padi, rempah-rempah, gajah raksasa hutan dengan berbagai jenis pohon, sungai, danau dan saluran irigasi. Luas Atlantis lelbih besar dari Libya dan Asia (digabung menjadi satu). Yang dimaksud Asia disini bukan seluruh benua asia. Tetapi yang dimaksud adalah asia kecil.

Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat peradaban dunia dalam betuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lain. Plato menetapkan bahwa letak Atlantis berada di samudera Atlantik sekarang. Hal ini cukup wajar karena Plato percaya bahwa bumi itu datar tidak bulat. Plato juga menegaskan Atlantis terletak di pilar-pilar herkules.. Beberapa kali Plato mengatakan bahwa Atlantis benar-benar ada dan sama sekali bukan rekaan dirinya.

Atlantis adalah imperium yang jaya di masanya. Kekuasaanya sangat luas. Meskipun begitu ada 2 imperium yang dianggap Atlantis sebagai saingan terberatnya, baik dari segi militer maupun politik. Imperium tersebut adalah Lemuria dan Yunani. Maka dengan segera Atlantis melancarkan ekspansi ke 2 imperium tersebut. Pertama yang menjadi sasaran Atlantis adalah Lemuria. Lemuria adalah peradaban yang kondisinya hampir sama dengan Atlantis. Lemuria juga nantinya bernasib sama dengan Atlantis, yaitu tenggelam ke dasar lautan. Letaknya diperkirakan di Samudera pasifik. Pulau-pulau oseania dulu merupakan satu daratan besar yaitu lemuria. Ekspansi Atlantis di Lemuria berhasil dengan gemilang. Selanjutnya Yunani menjadi sasaran berikutnya. Namun saat bersiap menyerang Yunani, tiba-tiba terjadi bencana besar di Atlantis yaitu tsunami besar dan dahsyat disusul dengan letusan gunung berapi. Dan Atlantis tenggelam ke dasar lautan . Selamatlah Yunani dari serangan dahsyat Atlantis.

Itulah sekilas dari kisah peradaban Atlantis. Saat ini Atlantis dan peradabanya masih menjadi misteri. Ceritanya yang mendekati fakta membuat banyak orang menjadi percaya tentang keberadaan peradaban ini.

1 komentar:

Fiana mengatakan...

bukti yang paling mendekati kebenaran musnahnya peradaban tersebut yang mana ?