peradabanimperium.blogspot.com, berbagi pengetahuan peradaban-peradaban dunia (sejarah dan arkeologi). Gunakan kategori untuk memudahkan pencarian..............................

16 Mei 2012

Definisi

PERADABAN
Berbagai peradaban tumbuh, berkembang, runtuh, lalu hancur. Kehancuran tersebut dapat terjadi karena bencana alam, wabah penyakit, kekeringan yang lama, dan serangan dari bangsa luar. Penyebab-penyebab itulah yang mewarnai segala unsur-unsur kehidupan suatu peradaban di dunia. Penyebab-penyebab itu juga yang membuat suatu peradaban dikenal sejarah.

Semua peradaban tentu mempunyai kebudayaan. Unsur-unsur kebudayaan tersebut merupakan suatu ciri-ciri peradaban yang membedakan antara Peradaban satu dengan peradaban lainya.Kebudayaan suatu peradaban diturunkan secara turun-temurun, sehingga terus berkembang dan melahirkan suatu kebudayaan baru. Kebudayaan baru ini terus berkembang dan melahirkan kebudayaan baru lagi, sesuai dengan perkembangan jaman. Kebudayaan baru ini sangat besar peluangnya untuk meninggalkan peradaban lama dan kebudayaan lama, apabila tidak dijaga. Ilmu sejarahlah yang menjaga agar kebudayaan-kebudayaan dari peradaban lama agar tidak musnah.

Banyak peradaban-peradaban besar di dunia ini yang sampai saat ini hilang. Namun berkat ilmu sejarah   peradaban-peradaban ini tidak hilang dari ingatan orang-orang. Namun berkembang menjadi mitologi-mitologi sebelum akhirnya ditemukan bukti-bukti keberadaanya dan menjadi sejarah.

IMPERIUM
Menurut wikipedia, pengertian imperium adalah: 
Imperium mengacu pada sekelompok negara dan kelompok etnik yang menempati wilayah geografis sangat luas, yang dipimpin atau dikuasai oleh satu kekuatan politik. Kekuatan politik penguasa ini biasanya suatu monarki meskipun dapat juga berupa suatu oligarki. Imperium yang dipimpin oleh seorang kaisar disebut sebagai kekaisaran. Kata ini berasal dari bahasa Latin. Dalam bahasa Latin sendiri, kaisar (dari bahasa Yunanikaisar dan dipakai luas dalam bahasa Jerman sebagai Kaiser) disebut imperator.


Maka imperium merujuk pada kekuasaan politik yang sangat luas, baik dijalankan secara monarki maupun bentuk pemerintahan lainya.
Umumnya berbentuk kekaisaran.












2 komentar:

cwex scorpio mengatakan...

devinisi yang lebih lengkap

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus